Selamatkan Bangsa Kita dari Korupsi

  • 08 Desember 2014
  • Oleh: lbhbali
  • Dibaca: 1266 Pengunjung

Korupsi merupakan salah satu kejahatan luar biasa yang saat ini merongrong dan memiskinkan bangsa ini. Berdasarkan data yang diperoleh dari Media di Bali, seluruh Kabupaten/ Kota di Bali pada Tahun 2014 telah terindeksi tindak Pidana Korupsi. Pelaku Korupsi berasal dari Lingkungan Pejabat dari Bupati, DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota, Instansi Pemerintah, Lurah hingga merajalela pada bidang pendidikan yakni Rektor hingga komitenya. Kasus tindak pidana korupsi yang telah di Putus pada tahun ini masih tinggi . Akibat dari korupsi adalah merongrong demokrasi dan supremasi hukum, mengarah pada pelanggaran HAM dan menghambat pemenuhan kesejahteraan rakyat, serta mengkikis kemampuan institusi dari pemerintah, karena pengabaian prosedur, penyedotan sumber daya, dan pejabat diangkat atau dinaikan jabatan bukan karena prestasi tetapi karena politik uang sehingga menciptakan pejabat yang tidak kredibel tentu akibatnya sudah bisa ditebak, kualitas pelayanan pemerintahan dan infrastruktur bagi masyarakat kurang maksimal tetapi dari segi anggaran justru malah membengkakkan anggaran pemerintah. Hal ini jelas merugikan rakyat Indonesia secara luas, dimana anggaran Pemerintah yang seharusnya dapat digunakan secara maksimal untuk membangun Infrastruktur serta meningkatkan kesejahteraan rakyat, malah beralih meningkatkan Kesejahteraan dan Infrastruktur para Pejabat.

Dalam hal penegakan hukum adalah sudah menjadi rahasia umum para pelaku tindak pidana korupsi mendapatkan keistimewaan termasuk pemotongan hukuman, pengampunan maupun perlakuan istimewa lainnyadi Lembaga Pemasyarakatan, sehingga tujuan pemberian efek Jera kepada Pelaku tindak Pidana Korupsi tidak dapat diimplementasikan. Kejadian ini sangat memalukan bagi seluruh rakyat dan kawan kawan yang aktif di organisasi non pemerintah yang bergerak atau selama ini aktif menggaungkan isu anti korupsi.  Salah satu NGO yang salah satu memberikan stressing terhadap isu pencegahan terjadinya korupsi adalah YLBHI – LBH Bali. Memang LBH Bali tidak terkait langsung dengan tindak pidana korupsi yang terjadi di Idonesia, tetapi berdasarkan data yang media massa Oleh karena itu LBH Bali menyatakan sikap untuk :

1.      Mengecam dan Menolak segala bentuk tindak pidana Korupsi

2.      Menolak Penggunaan Politik Uang

3.      Mendorong Pemerintah untuk serius membangun Kesejahteraan Rakyat

4.      Mendesak Aparat penegak hukum untuk serius dan profesional dalam mengusahakan hukuman maksimal bagi para pelaku korupsi.

5.      Menolak segala bentuk perlakuan istimewa kepada para pelaku korupsi


  • 08 Desember 2014
  • Oleh: lbhbali
  • Dibaca: 1266 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya