POSKO PENGADUAN THR TUNJANGAN HARI RAYA ADALAH HAK PEKERJA

  • 08 Juli 2015
  • Oleh: lbhbali
  • Dibaca: 1720 Pengunjung

Setiap tahun, pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pekerja /buruh merupakan tradisi dan sebagai salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan pekerja/buruh beserta keluarganya dalam merayakan Hari Raya Keagamaan.  Berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 4 Tahun 1994 Tentang tunjangan hari raya Keagamaan bagi pekerja/buruh di perusahaan, oleh karena itu pemberian THR adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh pengusaha kepada pekerja/buruh.

Pemberian THR ini lahir karena adanya hubungan kerja antara Pengusaha dan pekerja/buruh, sehingga terjadi hak dan kewajiban. Salah satu kewajiban Pengusaha adalah memberikan upah dan Hak Buruh mendapat upah. Upah ini dijadikan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari bagi buruh.

Pemenuhan hidup ini bertambah ketika hari raya umat beragama di Negara ini dirayakan. Bisa dikatakan demikian, karena setiap harga kebutuhan pokok melonjak tajam. Hal inilah yang melatarbelakangi adanya THR, secara ilmu ekonomi (ilmu yang mempelajari pemenuhan hidup sehari-hari). Negara pun sadar akan pemenuhan hidup pada hari raya ini dan membuat aturan hukum. Melalui Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 4 Tahun 1994 Tentang tunjangan hari raya dan Surat Edaran Menteri Nomor : 7/MEN/VI/2015 Tentang Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan dan Himbauan Mudik Lebaran Bersama. Diharapkan dengan dua aturan ini pemenuhan hak  buruh terkait tunjangan hari raya ini, buruh mendapatkan haknya.

Untuk mengawal proses tersebut maka LBH Bali membuka  Posko pengaduan bagi pekerja terkait dengan hak pekerja atas THR, apabila ada terdapat pelanggaran (belum membayar THR ) yang dilakukan oleh perusahandan selanjutnya berdasarkan laporan posko ini, YLBHI – LBH Bali pun siap untuk mendampingi pekerja/buruh dalam memperjuangkan hak –haknya untuk mendapatkan THR. Untuk pekerja yang hak-haknya tidak dipenuhi silahkan langsung ke posko pengaduan LBH Bali, beralamat di Jl. Plawa No. 57 Denpasar, Telp. (0361) 223010 atau email : lbhbali@indo.net.id dan melalui website : www.lbhbali.or.id

Denpasar, 9 Juli 2015

ttd

Inggit Wahyu Putra, S.H.

Divisi Ekosob


  • 08 Juli 2015
  • Oleh: lbhbali
  • Dibaca: 1720 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya